RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang
Standar Proses dan
Permendikbud 81A Tahun 2013 tentang Implementasi
Kurikulum
NAMA SEKOLAH
|
:
|
Mts
Darul Huda
|
MATA PELAJARAN
|
:
|
Akidah Akhlak
|
KELAS/SEMESTER
|
:
|
VIII/
Ganjil
|
MATERI POKOK
|
:
|
Akhlak Tercela
kepada diri sendiri (Anainah, Gadab, Putus Asa dan Tamak)
|
ALOKASIWAKTU
|
:
|
2X40 Menit
|
A. KOMPETENSI INTI
KI.1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3 : Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
KI.4 : Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, danmembuat) dan ranaha bstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, danmengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.3
Menolak perilaku ananiah, putus asa,
ghadab, dan tamak.
2.3
Membiasakan diri
menghindari perilaku ananiah, putus asa, ghadab, dan tamak.
3.3
Memahami pengertian, contoh dan dampak
negatifsifat ananiah, putus asa, ghadab, tamak dan takabur
(dihilangkan)
Indikator :
3.3.1.
Menganalisis pengertian anainah
3.3.2.
Menganalisis pengertian gadab
3.3.3.
Menganalisis pengertian putus asa
3.3.4.
Menganalisis pengertian tamak
3.3.5.
Menemukan contoh anainah
3.3.6.
Menemukan contoh gadab
3.3.7.
Menemukan contoh putus asa
3.3.8.
Menemukan contoh tamak
3.3.9.
Menemukan dampak negatif anainah
3.3.10.
Menemukan dampak negatif gadab
3.3.11.
Menemukan dampak negatif putus asa
3.3.12.
Menemukan dampak negatif tamak
4.3
Mensimulasikan akibat buruk akhlak tercela dalam kehidupan
sehari-hari
Indikator :
4.3.1.
Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat anainah
4.3.2.
Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat gadab
4.3.3.
Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat putus asa
4.3.4.
Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat tamak
4.3.5.
Membiasakan diri menghindari perilaku anainah
4.3.6.
Membiasakan diri menghindari perilaku gadab
4.3.7.
Membiasakan diri menghindari perilaku putus asa
4.3.8.
Membiasakan diri menghindari perilaku
tamak
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti
kegiatan pembelajaran siswa/I dapat:
1.
Menganalisis
pengertian anainah degan baik dan benar
2.
Menganalisis
pengertian gadab degan baik dan benar
3.
Menganalisis
pengertian putus asa degan baik dan benar
4.
Menganalisis
pengertian tamak degan baik dan benar
5.
Menemukan contoh
anainah degan baik dan benar
6.
Menemukan contoh
gadab degan baik dan benar
7.
Menemukan contoh
putus asa degan baik dan benar
8.
Menemukan contoh
tamak degan baik dan benar
9.
Menemukan dampak
negatif anainah degan baik dan benar
10.
Menemukan dampak
negatif gadab degan baik dan benar
11.
Menemukan dampak
negatif putus asa degan baik dan benar
12.
Menemukan dampak
negatif tamak degan baik dan benar
13.
Menunjukkan
nilai-nilai negatif akibat anainah degan baik dan benar
14.
Menunjukkan
nilai-nilai negatif akibat gadab degan baik dan benar
15.
Menunjukkan
nilai-nilai negatif akibat putus asa degan baik dan benar
16.
Menunjukkan
nilai-nilai negatif akibat tamak degan baik dan benar
17.
Membiasakan diri menghindari perilaku anainah
degan baik dan benar
18.
Membiasakan diri
menghindari perilaku gadab degan baik dan benar
19.
Membiasakan diri
menghindari perilaku putus asa degan baik dan benar
20.
Membiasakan diri
menghindari perilaku tamak degan baik
dan benar
D.
MATERI PEMBELAJARANS
1. Fakta
Kewajiban meiliki akhlak terpuji berarti larangan
memiliki akhlak tercela. Aklak tercela harus dihindari jangan sampai dimiliki
oleh seorang muslim. Seperti halnya akhlak terpuji yang berdampak positif yang memilikinya
begitu juga dengan akhlak tercela juga akan berdapak negatif bagi yang
memilikinya. (Dra.Nurul Qomariah,2012,46)
2.
Konsep
A.
Pengertian (jawaban nomer 1)
Anainah adalah
sikap keakuan, mementingkan diri sendiri, kurang memperhatikan orang lain.
Putus asa adalah habis harapan, tidak
ada harapan lagi. Satu penyakit yang lebih hebat daripada penyakit tubuh,bahkn
lebih membekas dalm jiwa seseorang dari pada tikaman pedang maupun tusukan
belati yang bagaimanpun tajamnya. (KH. Abdullah Zakiy Al-kaaf,2001,25)
Gadab adalah
keras, kasar, padat.
Tamak adalah loba, tamak dan rakus.
Orang tamak adalah melrat walaupun memiliki dunia.
(Syeh
Muhammad nawawi ibnu umar al-jawi,1416 H,59)
B.
Bentuk-bentuk: (jawaban nomer 2)
Bentuk
amanah:memiliki sifat egois cenderung menang sendiri
Bentuk
putus asa; pasrah dengan keadaan
Bentuk
gadab; mudah tersinggung
Bentuk
tamak : suka
dengan masalah keduniaan (Dra.Nurul Qomariah,2012,50)
C.
Dampak
negatif: (jawaban nomer 3)
Anainah:
menyenbabkan diri sombong, kikir, dan angkuh
Putus
asa: menumbuhkan sifat malas karena tidak mau
berusaha.
Gadab : akan
dijauhi teman karena sifatnya
Tamak:
menjadikan seseorang egois. (Dra.Nurul Qomariah,2012,51)
D. Cara
Menghindari (jawaban
nomer 4)
aninah;memperhatikan
kepentingan orang lain
putus
asa ; yakin allah tidak memberi ujian yang berat
gadab;
menjauhi hal-hal penyebab marah
Tamak; belajar
menjadi orang qana’ah (Dra.Nurul Qomariah,2012,52)
3.
Prinsip
§ Anainah:
$¨Br&ur .`tB @Ïr2 4Óo_øótGó$#ur ÇÑÈ z>¤x.ur 4Óo_ó¡çtø:$$Î/ ÇÒÈ ¼çnçÅc£uãY|¡sù 3uô£ãèù=Ï9 ÇÊÉÈ
8.
dan Adapun orang-orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup
9. serta
mendustakan pahala terbaik,
10. Maka kelak
Kami akan menyiapkan baginya (jalan) yang sukar.
§
Putus
asa:
¢ÓÍ_t7»t (#qç7ydø$# (#qÝ¡¡¡ystFsù `ÏB y#ßqã ÏmÅzr&ur wur (#qÝ¡t«÷($s? `ÏB Çy÷r§ «!$# ( ¼çm¯RÎ) w ߧt«÷($t `ÏB Çy÷r§ «!$# wÎ) ãPöqs)ø9$# tbrãÏÿ»s3ø9$# ÇÑÐÈ
87.
Hai anak-anakku, Pergilah kamu, Maka carilah berita tentang Yusuf dan
saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada
berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir".
§
Gadab
;
*
(#þqããÍ$yur 4n<Î) ;otÏÿøótB `ÏiB öNà6În/§ >p¨Yy_ur $ygàÊótã ßNºuq»yJ¡¡9$# ÞÚöF{$#ur ôN£Ïãé& tûüÉ)GßJù=Ï9 ÇÊÌÌÈ tûïÏ%©!$# tbqà)ÏÿZã Îû Ïä!#§£9$# Ïä!#§Ø9$#ur tûüÏJÏà»x6ø9$#ur xáøtóø9$# tûüÏù$yèø9$#ur Ç`tã Ĩ$¨Y9$# 3 ª!$#ur =Ïtä úüÏZÅ¡ósßJø9$# ÇÊÌÍÈ
133.
dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya
seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,
134. (yaitu)
orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit,
dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah
menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.
- Tamak;
(#þqßJn=ôã$# $yJ¯Rr& äo4quysø9$# $u÷R9$# Ò=Ïès9 ×qølm;ur ×puZÎur 7äz$xÿs?ur öNä3oY÷t/ ÖèO%s3s?ur Îû ÉAºuqøBF{$# Ï»s9÷rF{$#ur ( È@sVyJx. B]øxî |=yfôãr& u$¤ÿä3ø9$# ¼çmè?$t7tR §NèO ßkÍku çm1utIsù #vxÿóÁãB §NèO ãbqä3t $VJ»sÜãm ( Îûur ÍotÅzFy$# Ò>#xtã ÓÏx© ×otÏÿøótBur z`ÏiB «!$# ×bºuqôÊÍur 4 $tBur äo4quysø9$# !$u÷R$!$# wÎ) ßì»tFtB Írãäóø9$# ÇËÉÈ
20.
ketahuilah, bahwa Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu
yang melalaikan, perhiasan dan bermegah- megah antara kamu serta
berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang
tanam-tanamannya mengagumkan Para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering
dan kamu Lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. dan di akhirat (nanti)
ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. dan kehidupan
dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.
E. METODE PEMBELAJARAN/STRATEGI PEMBELJARAN/PENDEKATAN
PEMBELAJARAN
1. Metode:
a.Tanya jawab,
b. ceramah,
c. diskusi
2. Strategi:
A. Mngamati :
§ Video Commant
B. Menanya :
§ Learning Start With Question
C. Explorasi :
§ Peer Lesson
D. Asosiai :
§ Groub Resume
E. Mengkomunikasikan :
§ Everyone Is a Teacer Have
3.
Pedoman Pembelajaran :
F.
Scieantifi Approach
F. MEDIA, ALAT DAN
SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media :
a.Laptop
b.Lcd
c.Kaset Videotentang
anainah,gadab,putus asa dan tamak.
2.
Alat :
a.Apsensi
b.bolpoint
c.lembar jawab
d. Lembar soal
e.Potogan kertas
f.Kertas plano
g.Spidol
h.Solatif
3. Sumber :
ü Abdullah Zaky al-Kaaf, Membentuk
akhlak mempersiapkan generasi Islam, Bandung: CV.Pustaka Setia,2001
ü Dra. Nurul Qomariyah,Akidah akhlak
kelas VIII Mts, Solo:Pustaka kertonatan,2012
ü Syeh Muhammad Nawawi Ibnu umar al-Jawi, Nasihat Bagi Hamba Allah,
Surabaya:al-Hidayah, 1416 H
ü Buku Pedoman Guru
ü Buku pedoman Siswa
G.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA
1. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
Waktu
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode/ Strategi
|
Media Pembelajaran /Sumber
Belajar
|
2 menit
|
1.
Salam dan Doa
|
Tanya jawab
|
|
2 menit
|
2.
Apsensi
|
Tanya jawab
|
Apsensi dan Pulpen
|
6 menit
|
3.
Apresiasi
G : anak-anak bapak ingin bertanya pada kalian, sikap amanah,
tawakal, rendah hati itu termasuk contoh akhlak ?
A : Termasuk Akhlak terpuji psk.
G : bagus sekali, apa lawan kata dari
akhlak terpuji ?
A : Akhlak Tercela pak,
G : tepat sekali, coba disebutkan
contok akhlak tercela itu ?
A : tamak, gadab dll.
G : bagus sekali, hari ini bapak dan
kalian akan belajar bersama tentang Akhlak Tercela pada diri sendiri yaitu
:Anainah, Gadab, Putus asa dan Tamak
|
Tanya jawab
|
|
2.
Kegiatan Inti (60 menit)
Waktu
|
Kegiatan Pembelajaran
Berbasis Scientific
|
Metode/ Strategi
|
Media Pembelajaran /Sumber
Belajar
|
10 menit
10 menit
3menit
2menit
10menit
5 menit
10 menit
10 menit
|
Kegiatan 1 : Mengamati
§ Siswa/siswi menyimak tayangan video tentang dampak negatif
sifat ananiah, putus asa, ghadab, tamak sebagai berikut:
Kegiatan 2 : Menanya
§ Siswa/siswi secara individu membuat Pertanyaan
atas apa yang dilihat dan didengar, serta
menulis dipotongan kertas yang disediakan yang dipandu oleh guru:
§ Pertanyaan:
a.
Apa pengertian anainah,putus asa,ghadab, dan
tamak?
b.
Apa
Bentuk dan contoh sifat anainah,putus asa,ghadab, dan tamak?
c.
Apa dampak negatif anainah,putus asa,ghadab,
dan tamak?
d.
Bagaimana cara menghindari perilaku anainah,putus
asa,ghadab, dan tamak?
Kegiatan 3 :
Eksperimen/Explorasi
ð Siswa/siswi dibagi 4 kelompok dengan cara berhitung
ð Kelompok 1: Pemgertian
ð Kelompok 2 : Bentuk-bentuk
ð Kelompok 3: Dampak negatif
ð Kelompok 4 : Cara menghindari
ð Masing-masing kelompok
diberi kertas plano, spidol dan solatif
ð Masing-masing kelompok melakukan diskusi yang dipimpin oleh
ketua kelompok untuk mencari jawaban dari pertanyaan yang telah dibuat
ð Hasil diskusi kelompok
ditulis diatas kertas plano dengan menggunakan spidol dan ditempel didepan
kelas dengan mengunakan solatif
ð Ketua kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
didepan kelas dan memberi kesempatan untuk kelompok lain untuk memberi
tanggapan
§ Hasil diskusi :
KELOMPOK 1
a.
Anainah
adalah sikap keakuan, mementingkan diri sendiri, kurang memperhatikan orang
lain. Putus asa adalah habis harapan, tidak ada harapan lagi. Gadab
adalah keras, kasar, padat. Tamak adalah loba, tamak dan rakus.
KELOMPOK 2
b.
Bentuk amanah:memiliki
sifat egois cenderung menang sendiri
Bentuk
putus asa; pasrah dengan keadaan
Bentuk
gadab; mudah tersinggung
Bentuk
tamak : suka
dengan masalah keduniaan
KELOMPOK 3
c.
Dampak negatif:
Anainah:
menyenbabkan diri sombong, kikir, dan angkuh
Putus
asa: menumbuhkan sifat malas karena tidak mau
berusaha.
Gadab
: akan dijauhi teman karena sifatnya
Tamak:
menjadikan seseorang egois.
KELOMPOK 4
d.
Cara Menghindari
-amanah;memperhatikan
kepentingan orang lain
-putus
asa ; yakin allah tidak memberi ujian yang berat
-gadab;
menjauhi hal-hal penyebab marah
-Tamak;
belajar menjadi orang qana’ah
Kegiatan 4 : Asosiasi
§ Siswa/siswi secara berkelompok mengaitkan jawaban dengan
ketentuan islam tentang akhlak tercela pada diri sendiri.
§ Kewajiban
memiliki akhlak terpuji berarti larangan memiliki akhlak terela, akhlak
tercela harus dihindari bahkan jangan sampai dimiliki oleh seorang muslim
seperti: Anainah,Putus asa,Ghadab, dan Tamak. Karena akan memberikan
dampak negatif bagi yang memilikinya. Oleh karena itu kita tidk boleh
memiliki sifat-sifat seperti; anainah, gadab, putus asa dan tamak. Jika tidak
kita akan dijauhi orang dan mendapat dosa.
Kegiatan 5: Komunikasi
§ Masing-masing kelompok
mengkomunikasikan hasil asosiasinya , merumuskan kesimpulan dan kelompok lain
memberikan tanggapan dan diakhiri dengan penguatan dari guru
§ Kesimpulan:
Akhlak
tercela adalah perilaku yang dimiliki seseorang yang akan berdampak negatif
bagi pemiliknya seperti; anainah,putus asa,ghadab, dan tamak.
§ Anak-anak
aklak tercela adalah perilaku yang harus kita hindri, seperti anainah,
ghadab, putus asa, dan tamak. Seperti firman Allah:
§ Anainah:
$¨Br&ur .`tB @Ïr2 4Óo_øótGó$#ur ÇÑÈ z>¤x.ur 4Óo_ó¡çtø:$$Î/ ÇÒÈ ¼çnçÅc£uãY|¡sù 3uô£ãèù=Ï9 ÇÊÉÈ
8.
dan Adapun orang-orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup
9. serta mendustakan pahala terbaik,
10. Maka kelak Kami akan menyiapkan
baginya (jalan) yang sukar.
§ Putus asa:
¢ÓÍ_t7»t (#qç7ydø$# (#qÝ¡¡¡ystFsù `ÏB y#ßqã ÏmÅzr&ur wur (#qÝ¡t«÷($s? `ÏB Çy÷r§ «!$# ( ¼çm¯RÎ) w ߧt«÷($t `ÏB Çy÷r§ «!$# wÎ) ãPöqs)ø9$# tbrãÏÿ»s3ø9$# ÇÑÐÈ
87.
Hai anak-anakku, Pergilah kamu, Maka carilah berita tentang Yusuf dan
saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa
dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir".
§ Gadab ;
* (#þqããÍ$yur 4n<Î) ;otÏÿøótB `ÏiB öNà6În/§ >p¨Yy_ur $ygàÊótã ßNºuq»yJ¡¡9$# ÞÚöF{$#ur ôN£Ïãé& tûüÉ)GßJù=Ï9 ÇÊÌÌÈ tûïÏ%©!$# tbqà)ÏÿZã Îû Ïä!#§£9$# Ïä!#§Ø9$#ur tûüÏJÏà»x6ø9$#ur xáøtóø9$# tûüÏù$yèø9$#ur Ç`tã Ĩ$¨Y9$# 3 ª!$#ur =Ïtä úüÏZÅ¡ósßJø9$# ÇÊÌÍÈ
133.
dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang
luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang
bertakwa,
134. (yaitu) orang-orang yang
menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang
yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai
orang-orang yang berbuat kebajikan.
(#þqßJn=ôã$# $yJ¯Rr& äo4quysø9$# $u÷R9$# Ò=Ïès9 ×qølm;ur ×puZÎur 7äz$xÿs?ur öNä3oY÷t/ ÖèO%s3s?ur Îû ÉAºuqøBF{$# Ï»s9÷rF{$#ur ( È@sVyJx. B]øxî |=yfôãr& u$¤ÿä3ø9$# ¼çmè?$t7tR §NèO ßkÍku çm1utIsù #vxÿóÁãB §NèO ãbqä3t $VJ»sÜãm ( Îûur ÍotÅzFy$# Ò>#xtã ÓÏx© ×otÏÿøótBur z`ÏiB «!$# ×bºuqôÊÍur 4 $tBur äo4quysø9$# !$u÷R$!$# wÎ) ßì»tFtB Írãäóø9$# ÇËÉÈ
20. ketahuilah, bahwa
Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang
melalaikan, perhiasan dan bermegah- megah antara kamu serta
berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang
tanam-tanamannya mengagumkan Para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering
dan kamu Lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. dan di akhirat
(nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. dan
kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.
|
Video Commant
Learning start With Question
Peer Leasson
Groub Resume
Everyone is a Teacer Have
|
-leptop
-LCD
- Kaset video tentang anainah, gadab, putus
asa dan tamak
-Potogan kertas
-Spidol
-Solatif
-Kertas Plano
Abdullah Zaky
al-Kaaf, Membentuk akhlak mempersiapkan
generasi Islam, Bandung: CV.Pustaka Setia,2001
Dra. Nurul
Qomariyah ,Akidah akhlak kelas VIII
Mts, Solo:Pustaka kertonatan,2012
Syeh Muhammad
Nawawi Ibnu umar al-Jawi, Nasihat Bagi Hamba Allah, Surabaya:al-Hidayah, 1416
H
|
3.
Kegiatan Penutup (10 Menit)
Waktu
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode/ Strategi
|
Media Pembelajaran /Sumber
Belajar
|
2menit
|
Refleksi:
Guru menunjuk salah satu siswa atau
siswi untuk memberikan kesimpulan terkait materi tentang Akhlak Tercela
(anainah, gadab, putus asa dan Tamak)
|
Ceramah
|
Buku Catatan
|
3 menit
|
Penilaian:
Tes Tulis
|
Tes
|
Lembar soal
Lembar jawab
|
5 menit
|
RTL:
Guru memberi tugas
kepada siswa siswi untuk mempelajari materi selanjutnya serta memberi
motivasi kepada siswa siswi untuk rajin belajar.
|
Tanya Jawab
|
Buku pedoman
siswa
Buku pedoman
guru
|
PERTEMUAN KEDUA
............................. DST
H.
PENILAIAN
1.
Jenis /teknik Penilaian
2.
Instrumen Penilaian
3.
Pedoman Pensekoran
Mengetahui,
Dosen Pembina
...............................................
NIP. ......................................
|
Ponorogo,13
juni 2017,
Nama Mahasiswa
Khusnul Khotimah.....................
NIP. 210311159 .....................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar