Selasa, 23 Mei 2017

contoh rpp al-qur'an dan hadist kelas sepuluh mts

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BERBASIS MAPEL DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC
Berdasarkan Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Permenag 912 Tahun 2013  dan
Permendikbud 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum

NAMA SEKOLAH                              :     Madrasah Tsanawiyah
MATA PELAJARAN                           :     Al-Qur’an Hadis
KELAS                                                 :     X (Sepuluh)
SEMESTER                                          :     Ganjil
MATERI POKOK                                :     Pokok- Pokok Isi Kitab Ku
ALOKASIWAKTU                              :     1x45 Menit

A.      KOMPETENSI INTI
KI.1:   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2:  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3:  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.4 Meyakini kebenaran nilai-nilai yang terdapat pada pokok-pokok isi al-Qur’an.
2.4 Menunjukkan perilaku yang menjadikan al-Qur’an sebagai sumber hukum dalam kehidupan sehari-hari.
3.4 Memahami isi pokok-pokok al-Qur’an.
4.4 Memaparkan pokok-pokok ajaran al-Qur’an beserta contoh-contohnya dalam ayat.

C.       TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran siswa/siswi dapat:
1.       Peserta didik dapat mengidentifikasi poko-poko isi al-Qur’an.
2.       Peserta didik dapat menunjukkan ayat terkait dengan pokok isi al-Qur’an.
3.       Peserta didik dapat menjelaskan kandungan ayat yang terakait dengan isi pokok ajaran al-Qur’an.




D.      MATERI  PEMBELAJARAN
Pokok-pokk isi al-Qur’an
1.       Akidah
Secara terminologi akidah berarti kepercayaan atau keyakinan. Akidah juga disebut dengan istilah keimanan. Orang yang berakidah berarti orang yang beriman (Mukmin). Akidah secara terminologi didefinisikan sebagai suatu kepercayaan yang harus diyakini dengan sepenuh hati, dinyatakan dengan lisan dan dimanifestasikan dalam bentuk amal perbuatan. Akidah Islam adalah keyakinan berdasarkan ajaran Islam yang bersumber dari al-Qur’an dan hadis.
Inti pokok ajaran akidah adalah masalah tauhid, yakni keyakinan bahwa Allah Maha Esa. Setiap Muslim wajib meyakini ke- Maha Esa-an Allah. Orang yang tidak meyakini ke-Maha Esa-an Allah Swt. berarti ia kafir, dan apabila meyakini adanya Tuhan selain Allah Swt. dinamakan musyrik. Dalam akidah Islam, di samping kewajiban untuk meyakini bahwa Allah Swt. itu Esa, juga ada kewajiban untuk meyakini rukuk-rukun iman yang lain. Rukun Iman yang wajib diyakini tersebut adalah: iman kepada Allah, iman kepada  
E.       METODE  PEMBELAJARAN / STRATEGI PEMBELAJARAN / PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1.     Metode Pembelajaran
a.     Tanya jawab
b.     Ceramah
c.     Diskusi
2.     Strategi Pembelajaran
a.     Mengamati      : reading guide
b.     Menanya         : questions students have.
c.     Eksplorasi        : peer lesson.
d.     Asosiasi            : group resume.
e.     Komunikasi      : everyone is a teacher here.
f.      Refleksi            : index card match.
3.     Pendekatan Pembelajaran
·       Scientific approach

F.       MEDIA, ALAT DAN SUMBER  PEMBELAJARAN
1.     Media / Alat :
·       Hands out materi.
·       Spidol.
·       Solatip.
·       Kertas plano.
·       Buku absensi.
·       Bolpoint.
·       Kertas warna.
·       Potongan kertas.
·       Lembar soal.
·       Lembar jawaban.
2.     Sumber :
a.        Buku Pegangan Guru
b.       Buku Pegangan Siswa
G.      LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.       Kegiatan Pendahuluan (5  Menit)
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Metode /Strategi
Media Pembelajaran /Sumber Belajar
·       2 menit
·       1 menit
·       6 menit

·       Salam dan do’a
·       Absensi
·       Appersepsi:
G: Anak-anak sebelum kita memulai pelajaran Ibu ingin bertanya pada kalian, apakah kalian setiap harai sesudah shalat membaca al-Qur’an?
M: Iya bu...
G:wah bagus, sudah sampai juz berapa?
M: juz 3 bu...
G: tingkatkan lagi yan anak-anakku dalam membaca al-Qur’an setiap hari dengan membaca al-Qur’an kita akan mendapat pahala dari Allah Swt
 Baiklah anak-anak, pada pertemuan kali ini kita akan membehas tentang Pokok-pokok isi al-Qur’an.
·       Ceramah
·       Tanya jawab
·       Tanya jawab

·  Buku absensi
·  Bolpoint


2.       Kegiatan Inti (30 Menit)
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Metode /Strategi
Media Pembelajaran /Sumber Belajar

·       5 menit







·       10 menit








5 menit






·       1 menit


























































































·       10 menit




























































































































































































·       15 menit

Kegiatan 1. Mengamati (Observing)
Siswa mengamati gambar tentang materi.
Kegiatan 2. Menanya (Questioning)
1.     Siswa/siswi secara individu membuat pertanyaan atas apa yang telah dilihat pada gamabar.
Pertanyaan dari siswa
·         Apa yang dilakukan seorang penjual dan pembeli?
·         Apa yang dilakukan siswa dalam kelas?
·         Kenapa orang melakukan haji di Mekkah?
Kegiatan 3. eksplorasi (Explorating)
·   Sisw diabagi menjadi 6 kelompok dengan cara berhitung.
·   Setiap kelompok mendapat tugas yang berbeda-beda.
·   Setiap kelompok mengirimkan anggotanya ke kelompok lain untuk menyampaikan apa yang telah mereka pelajari dalam kelompok.
·   Guru mengembalikan siswa pada posisi semula
·   Siswa mempresentasikan hasikl diskusi disalam kelas.
·   Guru memberikan kesimpulan.
Kegiatan 4. Asosiasi
Siswa/ siswi secara berkelompok mengaitakan hasil diskusi dengan ayat al-Qur’an dan gambar yang sudah ada.

Kegiatan 5. Mengkomunikasikan (Communicating)
·  Masing-masing kelompok mengkomunikasikan hasil asosiasinya dan merumuskan kesimpulan, sedangkan kelompok lain memberi tanggapan, dan selanjutnya diakhiri dengan penguatan dari guru.


Poster Comment




·   Questions Students Have














·       Peer Lesson

































































































·       Group Resum



























































































































































































·       Everyone is a teacher here

·   Gambar
.
·   Kertas warna

























·   Hand out materi
·   Kertas plano
·   Spidol
·   Solatip
3.       Kegiatan Penutup (15 Menit)
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Metode/ Strategi
Media Pembelajaran /Sumber Belajar

·  2 menit





·  2 menit



·  4 menit

·  2 menit

·  3 menit


·  2 menit
a.     Refleksi
·  Guru membagikan potongan kertas yang terdiri dari dua bagian yang sama, separuh berupa pertanyaan dan separuh lagi berupa jawaban pada masing-masing siswa/siswi terkait dengan materi yang sudah dibahas, sehingga separuh siswa akan mendapatkan soal dan separuh yang lain akan mendapatkan jawaban.
·  Guru meminta siswa/siswi menemukan pasangan yang cocok sesuai dengan isi dalam kertas yang telah diterimanya dan setelah itu duduk berdekatan dengan pasangannya masing-masing.
·  Masing-masing pasangan membacakan soal dan jawaban dengan keras.
·  Guru memberikan klarifikasi dan kesimpulan.
b.     Penilaian
·  Siswa/siswi diberi lembar soal dan lembar jawaban untuk dikerjakan secara mandiri.
c.     RTL
·  Guru memberikan PR dari buku pegangan siswa halaman 15-17.
Salam dan do’a.


·       Index Card Match

·       Potongan kertas














·       Lembar soal
·       Lembar jawaban

·       Buku pegangan siswa

H.      PENILAIAN
1.           Jenis /teknik Penilaian
2.           Instrumen Penilaian
3.           Pedoman Pensekoran





Mengetahui,
Kepala ......



Dr. Basuki, M. Ag
NIP. ......................................
......................,.
Guru Mata Pelajaran



Khusnul khotimah
NIP. ........................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar