Minggu, 11 Juni 2017

rpp fiqih kelas vii mts



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM 2013 PADA MADRASAH
BerdasarkanPermendikbud No. 103 dan 104 tahun 2014


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BerdasarkanPermendikbud No. 103 dan 104 tahun 2014

NAMA MADRASAH               :           MARASAH TSANAWIYAH NEGERI PACITAN
MAPEL                                       :           FIQIH
KELAS/SEMESTER                :           VII/I
ALOKASIWAKTU                  :           2 X 40 MENIT
TOPIK                                        :           KETENTUAN WUDLU DAN TAYAMUM
PERTEMUAN KE                    :           3

A.    KOMPETENSI INTI
1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.         Memahami dan  menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.         Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.

B.     KOMPETENSI DASARKompetensiDasar:
1.1.   Meyakinipentingnyabersucisebagaisyaratmelaksanakanibadah.
1.2.   Menghayatinilai-nilaibersuci
2.1.           Membiasakanbersucisebelummelaksanakanibadah
3.1. Mengidentifikasimacam-macamnajisdantatacarabersucinya
3.2.           Mengidentifikasimacam-macamhadasdantatacarataharah
4.1.           Memperagakanbersucidarinajisdanhadas

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1.1 Meyakini pentingnyabersucisebagaisyaratmelaksanakanibadah
1.2.1 Mengimaninilai-nilaibersuci
2.1.1Membiasakanbersucisebelummelaksanakanibadah
3.1.1Menjelaskan ketentuan bersuci dari hadas kecil (wudlu dan tayamum)
4.1.1 Mempraktikkan  bersuci dari hadas kecil (wudlu dan tayamum)

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.         Siswa dapat menjelaskan ketentuan bersuci dari hadas kecil (wudlu dan tayamum)
2.         Siswa dapat Mempraktikkan  bersuci dari hadas kecil (wudlu dan tayamum)

E.     MATERI  PEMBELAJARAN
1.         DefinisiWudlu:
Secarabahasawudlumenunjukpadaaktifitaspenggunaan air yang dialirkanpadaanggotatubuhtertentu.Secaraistilahialahmengalirkan air yang sucikepadaanggotatubuhtertentu (wajah, keduatangan, kedua kaki, kepala) dengancaratertentu.
2.         SyaratSahWudlu
Wudlu dapat dikatakan sah apabila memenuhi persyaratan sebagai berikut:
                       a.          Islam
                       b.          Tamyiz
                       c.          Menggunakan air yang suci dan mensucikan
                       d.          Tidak ada sesuatu yang menghalangi sampainya air pada anggota wudlu.
                       e.          Telahmasukwaktushalat (khususbagi orang yanghadasnyaberkepanjangan
3.         RukunWuduadaenam:
a.    Niat
b.    Membasuhmukadaritempattumbuhrambut di kepalasampaiketulangdagu, dandaribatastelingakanansampai  batastelingakiri
c.    Membasuhduatangansampaikesiku.
d.   Mengusapsebahagiankepaladengan air.
e.    Membasuhdua kaki sampaimatakaki .
f.     Tertib (berturutan).
4.         Tata cara berwudlu
a. Niat
b.    Membaca Basmallah
c.    Membasuhkeduatelapaktangan.
d.   Berkumur-kumur
e.    Membasuhwajah
f.     Membasuhkeduatangansampaikesiku.
g.    Tertib.
h.    Al Muwaalaat
i.      Membacadoasesudahberwudhu
5.         PengertianTayamum
Tayamumyaitumengusapmuka dan kedua tangan menguunakan debu yang suci . Tayamum boleh dijadikan pengganti wudhu dan mandi dengan syarat – syarat tertentu .
6.         Syarat – syarat tayamum adalah :
a.  Dalamperjalananjauh ( musafir )
b.   Tidakadanyaair ,dengancatatantelahberusahamencari air  di manapundantidakmenemukan .
c.   Berhalanganketikamenggunakanair ,contohnya orang sakit yang apabilaterkena air makasakitnyaakankambuh .
d.   Telahmasukwaktuuntukshalat ,dantidakmenemukan – menemukan air .
e.   Menggunakandebu yang suci .
f.    Ada air tetapitidakcukupkarenajumlahnyasangatsedikit .
g.  Jumlah air hanya pas untukdiminum.
7.         Rukun tayamum
a.  Niat.
b.  Menyapumukadenganmenggunakandebu .
c.   Menyapukeduatangandenganmenggunakandebu .
8.         Tata cara Tayamum
a. Niat
b. letakkan kedua telapak tangan diatas debu untuk diusap ke muka sebelumya ditiup untuk menipiskan debu.
c. letakkan kedua telapak tangan diatas debu untuk diusap ketangan sebelumya ditiup untuk menipiskan debu.


F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 3
1.      Kegiatan Pendahuluan ( 20menit)
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Metode/Strategi
Sumber Belajar
20
Ø  Salam/Doa
Guru mengucapkan salam pembuka dan meminta ketua kelas memimpin berdoa
Ø  Absensi
Guru menanyakan kabar siswa
Guru menanyakan siapa yang tidak masuk dan mengabsen siswa
Guru memberi motivasi awal (ice breaking)/ senam otak
Ø  Apersepsi
Guru mengawali materi dengan menampilkan gambar dan menanyakan komentar  atau pertanyaan tentang gambar kepada siswa
Guru menanyakan “kenapa sih kita harus berwudlu atau tayamum saat mau beribadah?”
Guru menanyakan materi sebelumnya yang telah dibahas di pertemuan lalu yaitu
Macam-MacamHadasdan Cara Bersuci
Hadasadaduamacam, yaituHadas KecildanHadasBesar.
a.    Hadatskecil
Yaitukeadaanseseorangtidaksuci, dansupayaiamenjadisucimakaiaharusberwudhu, danapabilatidakada air makadigantidengantayamum. Hal-hal yang menyebabkanseseorangberhadatskecilialah:
b.    HadatsBesar
Yaitukeadaanseseorangtidaksuci, dansupayaiamenjadisucimakaiaharusberwudhu, danapabilatidakada air makadigantidengantayamum.
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
a.    Siswa dapat menjelaskan ketentuan bersuci dari hadas kecil (wudlu dan tayamum)
b.    Siswa dapat Mempraktikkan  bersuci dari hadas kecil (wudlu dan tayamum)










Inquiring minds wants to know (menanyakan kepada siswa pengetahuan awal tentang materi)









Modul materi untuk siswa
Buku induk fiqih ibadah


2.      Kegiatan Inti  (50menit)
Waktu
Kegiatan Pembelajaran Berbasis Scientific  Berdasarkan Permendikbud 81.A Tahun 2013 Lampiran 4
Metode/Strategi
Sumber Belajar

30









10






10

Kegiatan 1 : Mengamati
  • Guru menjelaskan materi ketentuan  wudlu dan tayamum menggunakan power point
  • Gurumemutar video wudlu dan tayamum
  • Guru Memperagakan tata cara wudlu dan tayamum
Kegiatan 2 :  Menanya
  • Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya materi yang belum paham
  • Guru menayakan kepada murid tentang materi yang telah disampaikan
Kegiatan 3 : Eksperimen/Explorasi
  • Guru membagi menjadi 3 kelompok dan membagikankartu-kartu
Kartu berisi materi ketentuan wudlu dan  tayamum
  • Guru menyampaikan akan ada permainan “cepat tepat”
Kelompok yang tercepat dan jawaban tepat akan mendapat hadiah
Kegiatan 4 : Asosiasi
  • Guru menyampaikan aturan permainan
1.    Guru akan menampilkan pertanyaan di power point
2.    Masing-masing kelompok memilih jawaban yang tepat pada kartu yang telah dibagi
3.    Siswa adu cepat menempelkan jawaban di papan tulis
4.    Kelompok yang paling cepat menempel dengan  jawaban tepat akan mendapatkan satu point
5.    Kelompok dengan point paling banyak akan mendapat hadiah
  • Guru menampilkan pertanyaan di power point satu demi satu hingga pertanyaan habis
Kegiatan 5:  Komunikasi
  • Guru meminta kelompok yang menang maju kedepan kelas
  • Untuk mendapatkan hadiahnya siswa diminta mempraktekkan tata cara berwudlu/tayamum
  • Guru mengoreksi


Ceramah aktif
Peragaan/demonstrasi









Diskusi
Card sort (menyortir kartu-kartu)




Modul materi untuk siswa
Buku induk fiqih ibadahPower point
Spidol
Kartu-Kartu
Papan tulis
Selotip
3.      Kegiatan Penutup (10menit)
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Metode/Strategi
Sumber Belajar

10

·         Refleksi
Guru meminta siswa membuat kesimpulan
Guru memberi kesimpulan dari materi yang telah diajarkan
·         Kegiatan Penilaian
Guru memberikan lembar soal untuk dikerjakan
·         RTL
Guru memberikan informasi bahwa minggu depan akan ada praktik wudlu dan tayamum siswa diminta untuk bersiap-siap
Guru memberikan motivasi untuk meningkatkan semangat belajar
·         Doa/Salam
Guru meminta siswa memimpin berdoa
Guru mengakhiri dengan salam

Ceramah


Pertemuan 4, dst


G.    Penilaian, Pembelajaran Remedial danPengayaan
1.    TeknikPenilaian
a)    TeknikPenilaian KI-1 : Observasi
b)   TeknikPenilaian KI-2 : Observasi
c)    TeknikPenilaian KI-3 : Tes tulis
d)   Teknik Penilaian KI-4 : Performance (praktik)

2.    InstrumenPenilaian
a)    InstrumenPenilaian KI-1 : Lembar observasi
b)   InstrumenPenilaian KI-2 : Lembar observasi
c)    InstrumenPenilaian KI-3 : soal ulangan harian, lembar penilaian
d)   InstrumenPenilaian KI-4 : lembar penilaian praktik

3.    PembelajaranRemidialdanPengayaan
a)      PembelajaranRemidi
Pendalaman materi, mengerjakan soal
b)      Pengayaan
Eksplorasi materi, mengerjakan soal
H.              Media/Alat, BahandanSumber
1.        Media/Alat             : Spidol, Kartu-Kartu, Papan tulis, Selotip,
2.        Bahan                     : kertas
3.        SumberBelajar        : Modul materi untuk siswa, Buku induk fiqih ibadah


Mengetahui,
Kepala Sekolah

...............................................
NIP. ......................................
Ponorogo, 25 April 2017
Nama  Guru


Khusnul khotimah
NIP. 210314317


Tidak ada komentar:

Posting Komentar