INSTRUMEN DAN RUBRIK PENILAIAN
SIKAP SPIRITUAL (KI.1)
MELALUI PENGAMATAN
Satuan Pendidikan :
MTsN Karangmojo 1
Kelas : VIII
Tanggal Pengamatan :
Materi Pokok : Akhlak Tercela (Anainah,
gadab, putus asa, dan tamak)
No
|
NAMA
|
ASPEK YANG DIAMATI
|
|
|
|||||||
1) Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
sesuatu
|
2) Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
3) Memberi salam sebelum dan sesudah
menyampaikan pendapat/presentasi
|
4) Mengungkapakan kekaguman secara lisan
maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
|
5) Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan
saat mempelajari
|
Jumlah Skor Perole-han
|
NILAI
|
KET
|
||||
1
|
Desi
|
4
|
3
|
3
|
2
|
4
|
16
|
(16/20)x4= 3.2
|
|
||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Karangmojo,22 Mei 2017,
Guru Mata Pelajaran
Khusnul Khotimah.
NIP. 210314310
Petunjuk :
Lembaran ini diisi
oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v)
pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik,
dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir
menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor
akhir menggunakan rumus :
Sesuai Permendikbud
No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik : apabila memperoleh skor
: 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup : apabila memperoleh skor : 1,33
< skor ≤ 2,33
Kurang :
apabila memperoleh skor: skor
≤ 1,33
INSTRUMEN DAN RUBRIK PENILAIAN SIKAP SOSIAL (KI.2)
MELALUI PENILAIAN
ANTAR PESERTA DIDIK
SIKAP DISIPLIN
Nama penilai :
Nama peserta didik
yang dinilai :
Kelas : VIII
Mata pelajaran : AKIDAH AKHLAK(anainah,gadanb,putus asa dan tamak)
PETUNJUK
Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan
teliti
Lingkarilah 1,2,3,4 sesuai dengan sesuai dengan
kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
No
|
Sikap yang diamati
|
Skor/Keterangan
|
|||
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
||
1
|
Masuk kelas tepat
waktu
|
4
|
3
|
2
|
1
|
2
|
Mengumpulkan tugas
tepat waktu
|
4
|
3
|
2
|
1
|
3
|
Memakai seragam
sesuai tata tertib
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
Mengerjakan tugas
yang diberikan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
5
|
Tertib dalam
mengikuti pembelajaran
|
4
|
3
|
2
|
1
|
6
|
Mengikuti praktikum
sesuai dengan langkah yang ditetapkan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
7
|
Membawa buku tulis
sesuai mata pelajaran
|
4
|
3
|
2
|
1
|
8
|
Membawa buku teks
mata pelajaran
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
JUMLAH SKOR
|
|
Karangmojo,22 Mei 2017,
Guru Mata Pelajaran
Khusnul Khotimah.
NIP. 210314310
KETERANGAN PENSKORAN :
1
SL = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
1
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang kadang tidak melakukan
2
KD = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1
TP = tidak pernah, apabila
tidak pernah melakukan
Petunjuk Penskoran
:
Skor akhir
menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor
akhir menggunakan rumus :
Sesuai Permendikbud
No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik : apabila
memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup : apabila memperoleh skor : 1,33
< skor ≤ 2,33
Kurang : apabila memperoleh
skor: skor ≤ 1,33
INSTRUMEN DAN RUBRIK PENILAIAN
KETRAPILAN (KI.4)
MELALUI TES PRAKTIK
Kelas :
VIII
Tanggal Pengamatan :
Materi Pokok :Akhlak
Tercela(Anainah,Gadab,putus asa dan Tamak)
INDIKATOR : 4.3.1
mensimulasikan dampak negatif anainah
No
|
NAMA
|
ASPEK YANG DINILAI
|
|
|
|||||
1)
Ketepatan
mensimulasikan
|
2)
Kelancaran
mensimulasikan
|
3)
Kerjasama
mensimulasikan
|
4)
Penyampaian
simulasi
|
5)
Kepercayyaan
diri menyampaikanaa
|
Jumlah Skor Perole-han
|
NILAI
|
KET
|
||
1
|
Desi
|
3
|
4
|
3
|
3
|
2
|
15
|
(15/20)x100=
75
|
|
2
|
Toni
|
4
|
4
|
2
|
3
|
4
|
17
|
(17/20)x100=
85
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk :
Lembaran ini diisi
oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v)
pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik,
dengan kriteria sebagai berikut :
4 = Sangat Tepat, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = Tepat, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kurang tepat, apabila kadang-kadang
melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak tepat,
apabila tidak pernah melakukan
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir
menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor
akhir menggunakan rumus :
N= skor perolehan
x 100
1.
SOAL
A.
TES TULIS: PILIHAN
GANDA
1. Apa arti Anainah secara bahasa....
a. kami
b. kita
c. diri
d. aku
2. Arti putus asa adalah....
a. Habis harapan
b. perjuangan
c. bodoh
d. ada harapan
3. Arti gadab secara bahasa adalah....
a.
Keras
b.
Lunak
c.
Kosong
d.
Berat
4. Arti tamak secara bahasa adalah....
a. Sabar
b. Putus asa
c. Rakus
d.
Sopan
5. Bentuk-bentuk
anainah adalah......
a. Cenderung kikir dan engan berbagi
b. Menonjolkan kemampuan dirinya dihadapan orang lain
c. Dalam bergaul tidak memilih-milih teman
d. Memiliki sifat egois cenderung mau menang sendiri
6. Bentuk-bentuk putus asa adalah........
a. Cepat menyerah ketika usahanya gagal
b. Mudah tersinggung
c. Eogis suka menang sendiri
d. Tidak mau menerima saran
7. Dampak
negatif dari sifat gadab, kecuali.......
a. Akan dijauhi teman karena sifatnya
b. Merusak syarat, menjadi stres dan depresi
c. Tidak dapat berfikir tenang dalam menghadapi masalah
d. Menyebabkan diri angkuh
8. Dampak negatif dari sifat tamak adalah......
a. Menjdikn seseorang egois
b. Dijauhi teman
c. Menjadikan sombong
d. Menjadikan kikir
9. Cara menghindari perilaku anainah adalah....
a. Tidak menganggap bahwa pendapatnya yang paling benar
b. Menjauhkan dari sifat sombong
c. Menjauhkan dari sifat gadab
d. Menjauhkan dari sifat putus asa
10. Menghindari perilaku tamak kecuali....
a. Tidak tertipu dengan tipu daya dunia yang bersifat fana
b. Belajar menjadi orang yang qona’ah
c. Menerima rizki dari Alloh
d. Menjauhkan dari sifat sombong
B. TES TULIS: URAIAN OBJEKTIF
1.
Apa dampak negatif dari sifat gadab....
2.
Apa dampak negatif dari sifat tamak.....
3.
Apa bentuk-bentuk sikap gadab....
C.
TES TULIS: URAIAN BEBES
1.
Menurut kalian bagaimana menghindari akhlak
tercela....
A. KUNCI JAWABAN DAN
PENSEKORAN
1.
PILIHAN GANDA (N-1)
NO
SOAL
|
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
D
|
1
|
2
|
A
|
1
|
3
|
A
|
1
|
4
|
C
|
1
|
5
|
D
|
1
|
6
|
A
|
1
|
7
|
A
|
1
|
8
|
A
|
1
|
9
|
A
|
1
|
10
|
D
|
1
|
Jumlah
|
10
|
2.
URAIAN OBYEKTIF (N-2)
NO
SOAL
|
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
Gadab : akan
dijauhi teman karena sifatnya
|
10
|
2
|
Tamak:
menjadikan seseorang egois
|
10
|
3
|
Bentuk gadab; mudah
tersinggung
|
10
|
Jumlah
|
30
|
3. URAIAN BEBAS (N-3)
NO
SOAL
|
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
Degan selalu bertakwa
kepada Alloh agar terhindar dari Akhlak tercela.
|
10
|
Jumlah
|
10
|
A.
Pedoman Penilaian
1. Rumus N1
dan N2 :
N1=100%
N2=100%
N3=100%
2. Rumus Total nilai
N =
B.
Contoh
Desi
mendapat N1 pilihan ganda 6, N2 uraian
objektif 30,N3 uraian
bebas10 maka :
1. Penilaian N-1 Pilihan Ganda
N1=100%
=
=60
2.
Penilaian N-2 Uraian
objektif
N2 =
=
=100
3.
Penilaian N-3
Uraian Bebas
N2 =
=
=100
4. Penilaian
Keseluruhan
N =
N =
N=88
Kesimpulan : Desi mendapat nilai 88
Tidak ada komentar:
Posting Komentar