Selasa, 23 Mei 2017

contoh instrumen dan rubrik penilaian k1 k2 k3 k4

INSTRUMEN DAN RUBRIK PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL  (KI.1)
MELALUI  PENGAMATAN
Satuan Pendidikan                      : MTsN Karangmojo 1
Kelas                                           : VIII
Tanggal Pengamatan                   :
Materi Pokok                              : Akhlak Tercela (Anainah, gadab, putus asa, dan tamak)

No
NAMA
ASPEK YANG DIAMATI


1)   Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2)   Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3)   Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
4)   Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
5)   Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari
Jumlah Skor Perole-han
NILAI
KET
1
Desi
4
3
3
2
4
16
(16/20)x4= 3.2

2









3









4









5









6









7









8









9









10









11









12









13









14









15






























                                                                                                                               Karangmojo,22 Mei 2017,
Guru Mata Pelajaran


Khusnul Khotimah.
NIP. 210314310
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik         : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                       : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup                    : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang                 : apabila memperoleh skor:  skor ≤ 1,33

INSTRUMEN DAN RUBRIK PENILAIAN SIKAP SOSIAL (KI.2)
MELALUI  PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK
                                                  SIKAP DISIPLIN


Nama penilai                              :
Nama peserta didik yang dinilai :
Kelas                                          : VIII
Mata pelajaran                           : AKIDAH AKHLAK(anainah,gadanb,putus asa dan tamak)

PETUNJUK
Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
Lingkarilah 1,2,3,4 sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari


No
Sikap yang diamati
Skor/Keterangan
SL
SR
KD
TP
1
Masuk kelas tepat waktu
4
3
2
1
2
Mengumpulkan tugas tepat waktu
4
3
2
1
3
Memakai seragam sesuai tata tertib
4
3
2
1
4
Mengerjakan tugas yang diberikan
4
3
2
1
5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
4
3
2
1
6
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan
4
3
2
1
7
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran
4
3
2
1
8
Membawa buku teks mata pelajaran
4
3
2
1

JUMLAH SKOR


Karangmojo,22 Mei 2017,
Guru Mata Pelajaran


Khusnul Khotimah.
NIP. 210314310

KETERANGAN PENSKORAN :

1        SL  = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
1        SR  = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang kadang tidak melakukan
2        KD = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
1        TP  = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Petunjuk Penskoran :

Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik    : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup             : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang                       : apabila memperoleh skor:  skor ≤ 1,33













INSTRUMEN DAN RUBRIK PENILAIAN KETRAPILAN (KI.4)
MELALUI  TES PRAKTIK

Kelas                              : VIII
Tanggal Pengamatan       :
Materi Pokok                  :Akhlak Tercela(Anainah,Gadab,putus asa dan Tamak)
INDIKATOR                  : 4.3.1 mensimulasikan dampak negatif anainah


No
NAMA
ASPEK YANG DINILAI


1)      Ketepatan mensimulasikan
2)  Kelancaran mensimulasikan
3)  Kerjasama mensimulasikan
4)  Penyampaian simulasi
5)  Kepercayyaan diri menyampaikanaa
Jumlah Skor Perole-han
NILAI
KET
1
Desi
3
4
3
3
2
15
(15/20)x100= 75

2
Toni
4
4
2
3
4
17
(17/20)x100=
85

3









4









5









6









7









8









9









10










Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

4 = Sangat Tepat, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = Tepat, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kurang tepat, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak tepat, apabila tidak pernah melakukan

Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

N= skor perolehan    x 100
      Skor maksimal   
















1.      SOAL
A.    TES TULIS: PILIHAN GANDA
1.      Apa arti Anainah secara bahasa....
a.       kami
b.      kita
c.       diri
d.      aku 
2.      Arti putus asa adalah....
a.       Habis harapan
b.      perjuangan
c.       bodoh 
d.      ada harapan
3.      Arti gadab secara bahasa adalah....
a.       Keras
b.      Lunak
c.       Kosong
d.      Berat
4.      Arti tamak secara bahasa adalah....
a.       Sabar
b.      Putus asa
c.       Rakus
d.      Sopan
5.       Bentuk-bentuk anainah adalah......
a.       Cenderung kikir dan engan berbagi
b.      Menonjolkan kemampuan dirinya dihadapan orang lain
c.       Dalam bergaul tidak memilih-milih teman
d.      Memiliki sifat egois cenderung mau menang sendiri
6.      Bentuk-bentuk putus asa adalah........
a.       Cepat menyerah ketika usahanya gagal
b.      Mudah tersinggung
c.       Eogis suka menang sendiri
d.      Tidak mau menerima saran
7.      Dampak negatif dari sifat gadab, kecuali.......
a.       Akan dijauhi teman karena sifatnya
b.      Merusak syarat, menjadi stres dan depresi
c.       Tidak dapat berfikir tenang dalam menghadapi masalah
d.      Menyebabkan diri angkuh
8.      Dampak negatif dari sifat tamak adalah......
a.       Menjdikn seseorang egois
b.      Dijauhi teman
c.       Menjadikan sombong
d.      Menjadikan kikir
9.      Cara menghindari perilaku anainah adalah....
a.       Tidak menganggap bahwa pendapatnya yang paling benar
b.      Menjauhkan dari sifat sombong
c.       Menjauhkan dari sifat gadab
d.      Menjauhkan dari sifat putus asa
10.  Menghindari perilaku tamak kecuali....
a.       Tidak tertipu dengan tipu daya dunia yang bersifat fana
b.      Belajar menjadi orang yang qona’ah
c.       Menerima rizki dari Alloh
d.      Menjauhkan dari sifat sombong

B.     TES TULIS: URAIAN OBJEKTIF
1.      Apa dampak negatif dari sifat gadab....
2.      Apa dampak negatif dari sifat tamak.....
3.      Apa bentuk-bentuk sikap gadab....

C.     TES TULIS: URAIAN BEBES
1.      Menurut kalian bagaimana menghindari akhlak tercela....

A.    KUNCI JAWABAN DAN PENSEKORAN
1.      PILIHAN GANDA                                       (N-1)
NO
SOAL
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
SKOR
1
D
1
2
A
1
3
A
1
4
C
1
5
D
1
6
A
1
7
A
1
8
A
1
9
A
1
10
D
1
Jumlah
10

2.      URAIAN OBYEKTIF                                                                                   (N-2)
NO
SOAL
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
SKOR
1
Gadab : akan dijauhi teman karena sifatnya
10
2
Tamak: menjadikan seseorang egois
10
3
Bentuk gadab; mudah tersinggung
10
Jumlah
30


3.      URAIAN BEBAS (N-3)
NO
SOAL
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
SKOR
1
Degan selalu bertakwa kepada Alloh agar terhindar dari Akhlak tercela.
10
Jumlah
10



A.    Pedoman Penilaian
1.      Rumus N1 dan N2 :
N1=100%
N2=100%
N3=100%

2.      Rumus Total nilai
N =
B.     Contoh
Desi mendapat N1 pilihan ganda 6, N2 uraian objektif 30,N3 uraian bebas10  maka :
1.      Penilaian N-1 Pilihan Ganda

N1=100%
  =
 =60

2.      Penilaian N-2 Uraian objektif

N2 =
  =
   =100
3.      Penilaian N-3 Uraian  Bebas

N2 =
 =
  =100

4.      Penilaian Keseluruhan
N =
N =
N=88


Kesimpulan : Desi mendapat nilai 88

Tidak ada komentar:

Posting Komentar