Rabu, 16 November 2016

pembelajaran pada jaman dahulu vs sekarang

Pembelajaran pada zaman dahulu & sekarang

Ada banyak perbedaan pembelajaran pada zaman dahulu dan sekarang . dan dari perbedaan itu kesempatan / peluang  dalam pendidikan hanya sedikit pada zaman dahulu .walaupun yang mengikuti untuk menuntut ilmu hanya sedikit .sebagian dari mereka adalah anak-anak orang kaya yang  bertempat tinggal dikota. pada saat ini, pendidikan telah menjadi hak disetiap Negara, sehingga jumlah pelajar semakin banyak.dan guru pun tersebar dimana- mana. Dan pada umumnya dikatakan ‘‘pendidikan itu seperti air dan udara’’.

Para penuntut ilmu pada zaman dahulu berkelana dari suatu Negara ke Negara yang lain .dan dalam perjalananya mereka merasa sangat kelelahan. dan mereka menunggangi unta berhari-hari bahkan berbulan-bulan .sedangkan pada saat ini, ada banyak dosen dan mahasiswa hampir disetiap kota dan desa. Biasanya mahasiswa itu berangkat kesekolah atau kekampusnya dengan mengendarai mobil atau jalan kaki. Dan disisi lain mahasiswa belajar dirumah dengan menggunakan jaringan internet.


Dan perbedaan yang lain , bahwa guru tidak meminta sepeser upah pun dari pekerjaanya pada zaman dahulu ,Karena mereka melakukanya hanya karena semata - mata karena Allah, dan tujuan utama pelajar menuntut ilmu . sedangkan saat ini, telah berbeda hal , guru meminta upah yang banyak dan murid hanya mementingkan ijazah dari pada ilmu karena dengan ijazah hanya untuk melanjutan pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar